Pages

Sabtu, 02 Agustus 2014

Kebiasaan Buruk Disekitar Kita




1.  Terlalu lama tidur
Semua orang pasti ingin beristirahat dengan cukup, tidak berlebih dan tidak kurang. Menurut informasi yang di dapat oleh tim Sok Tau, jika seseorang sudah terbiasa tidur selama 6 jam lalu kemudia nmemutuskan untuk tidur 9 jam, maka kemungkinan besar ketika bangun akan merasakan sakit kepala. Kenapa bias seperti itu?
Saat kita tertidur, tubuh  akan bernafas lebih lambat, dan CO2 (carbon dioksida) yang dikeluarkan pun akan lebih sedikit. Dengan tidur lebih lama akan membuat CO2 mengendap dalam tubuh lebih lama, inilah yang dapat menimbulkan sakit kepala.
3. Terlalu sering olah raga
Olah raga tentunya sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Tapi seseorang yang jarang olah raga lalu kemudian berolah raga terlalu bersemangat akan mengakibatkan dirinya cedera. Selain itu olah raga terlalu sering juga tidak baik untuk tubuh karena malah membuat tubuh kita kelelahan. Lakukanlah olah raga secara bertahap dan sesuai dengan kemampuan, jangan lupa untuk melakukan pemanasan agar otot tidak mengalami cedera.
4. Terlalu sering cuci muka
Orang yang punya kulit wajah berminyak cendrung akan mencucimukanya lebih sering. Namun, perlu kamu tahu bahwa terlalu sering cuci muka justru bias membuat kulit  yang sensitive mengalami iritasi dan membuat jerawat semakin parah. Terlalu sering cuci muka bias mengikis lapisan kulit dan tentunya tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Mencuci muka 2 kali dalam sehari itu sudah   cukup.
Makanan atau minum saat berdiri/jalan

Heemm.. kebiasaan ini  paling  sering dilakukan saat ada event standing  party atau dalam kondisi buru-buru, sambil berjalan mulutnya tetap mengunyah, ini menjadi berbahaya karena saat kita dalam posisi berdiri, maka lambung kita dalam posisi kontrak sidan tegang jika dalam keadaan tegang,maka penyerapan zat makanan yang dimaka n tidak tersebar secara maksimal, maka kita akan mudah merasa mual. Selain itu, jika makan sambi ljalan, resiko tersedak juga lebih besar. JikaTersedak artinya ada yang menyumbat jalan pernapasan.


Mengunakan Headset

langsungmasukkelubangtelingaakanmerusakrambuthalus yang ada di bagianluartelinga, Headsetdigunakanuntukmendengarkanmusik/nerimatelepon. Padahaljikasuara yang rambuthalusiniberfungsisebagai filter suara yang masukketelinga. Jikakitamengunakan headset/headphone, suaralangsungbersentuhandenganrambuthalus, yang seharusnyaditangkapduluolehdauntelinga. Jadirambuthalusiniak
sanmudahrusakdanrontok. Yang menjadimasalahketikarambutinirontokadalahpengengaranberkurangdanefekparahnyaialahtulipermanen. Karenarambuthalusinitidaktumbuhlagijikasudahmengalamikerontokan.
ss

Mandi air hangat

Mandi air hangatdisaatkitacapaimemangbisamembuat rasa nyaman, karenapembuluhdarahkitamelebar. Jadiefeknyabadanjadilebih fresh danrileks. Tetapijangansalah,jikaterlaluseringmandi air hangatmembuatkulitkitajadilebihkeringkarena proses penguapanakansemakinbertambahbesar, karenapori-porijugaterbukalebar. Kulitakanterasalebihkaku/tegang. Jaditerkadangakantimbulfenomenaanehkulitkitasepertiberminyaktetapiterasakisut. Jikaberlanjut, efeknyakulitakancepatmenjadikeriput.


Mengorektelinga


Setiaptelingapastimenghasikankotoran. Ternyatakotoran yang ada di dalamtelingapunyafungsiuntukmembunuhbakteri, serangga/bendaasing lain yang tidaksengajamasukkelubangtelinga. Jadikalotelingakitaterlalubersih, akibatnyatidakadaangmelindungitelingakitadariseranganbendaasingygmasuk.
Sebenarnya, tanpadikorek pun, tubuhmempunyaimekanismetersendiriuntukmengeluarkankotorantelinga, yaitusaatkitamembukarahanglebar-lebaratautidurdalamposisi miring.


Membersihkan Kuku


Saatmemotong kuku jempol kaki, janganhendaknyajangancoba-cobamencongkelpaksakotoran yang terselip di sudut kuku kaki, karenaakibatnyabisa fatal jikaalat yang digunakantidakbersihakanterjadiperadangankronis yang pastisangatmenganggu.


Tusukangigi


Jikasetelahmakanmakanan yang berseratlaluadabeberapaseratmakanan yang terselipdiantaragigi. Makakitaseringmengunakantusukgigiuntukmembersihkannya.

ternyatadibalikbendasepele yang satuinijugaadaancamanbahaya. Makanan yang terselip di gigiitutandanyagigikitaadamasalah. Karenagigi yang bagusitu yang rapatsatusama lain tanpacelah. Itubisamenjaditandajikagigikitasudahmulaiberlubang. Jikagigiberlubang, kemudianmengunakantusukangigisecaratidaksengajaterkenasarafgigi, itubisabahaya, karenagigiberlubangsudahbanyakbakteri yang bersarangdisana, ditambahsarafygterbuka, akanmemicupenyakitpenyertajugasangatmudahmenyerang. Misalsakitkepalahinggamigrain, jantungdanjugap
Jarangmenggantisarungbantal

Saatpagihari, pernahkahAndatiba-tibamerasagatalpadaronggahidung, kepalaterasapening, danbersin-bersin? KemungkinaninibisasajaterjadisaatkondisibadanAndasedang drop, tapibiasasajakondisiituakibatAndakurangmemperhatikankebersihanbantal. CobaperhatikanbantalAnda, binatang-binatangkecildandebubisasajamengendap di bantal, danmenjadimasalahbagikesehatanAnda.

KapanterakhirAndamenggantisarungbatal? JikatidakpernahdigantiataujarangbukantidakmengkinbantalAndamenyimpankumanlengkapdengankotoranmereka, dansetiapmalamAndamenghirupitusemua. Bukansajapusing, matabengkak, bersin-bersindanterganggupernapasannya, kulit yang terkenakuman pun cenderunglebihsensitif. Perhatikanpengantian alas tidursetiapduaminggusekaliuntukmenjagakesehatankeluarga.

Jarangmenggantisikatgigi

Andalupakapanterakhirmenggantisikatgigi? Kebiasaaninisamasajadenganmenabungbakeripadamulut. Bakteri, jamurdan virus siapmenempelpadasikatgigidanpindahlagikeronggamulut. Kebiasaanmenaruhsikatgigiditempatterbukadanmenyatukandengansikatgigianggotakeluarga lain jugajadipemicupenyakit, pasalnyakumanbisalebihleluasaberpindahtempatdanmenginfeksimulutsaatsikatgigi.

SebaiknyagantisikatgigiAndamaksimalsetiaptigabulansekali. Dan untukanak-anaklebihseringmenggantisikatgigilebihbaikuntukkesehatannya.

Kebiasaanmeregangkantubuh

Kebiasaaninipastipernahdilakukansemua orang, meregangkantubuhsaatingintiduratausetelahbanguntidurmemangmembuatbadanagaksedikitmengurangiketegangan, tapitahukahAndakebiasaanitujustrumembahayakan. Memaksakanpereganganbisamembuattubuhjadikram. Sebaiknyalakukanperegangan 10 menitusaiberaktivitas, misalnyaminum kopi dulu, mencucimuka, danmenyikatgigi. SetelahituAndabisameregangkanbagian-bagian yang terasakaku. Lakukandenganhati-hati agar tidakcedera, caramudahnyaAndabisamenaruhkeduatelapaktangankebelakang, sepertimenempelkantelapaktangankekantungbelakangcelana, laluregangkanbadankebelakangsambilbertumpudengankeduatelapaktangan ( sepertiposisikayang), tahantigadetik, danulangi 2-4 kali.

Kebiasaanmenahanbuang air kecil

MerasasibukAndajaditidaksempatmembuangcairantubuh yang sejakdaritadiAndatahan. SeringmenahanpipisbukanhanyamembuatAndatidaknyaman, tapijuga organ yang bekerjamenampungdidalamnya. Jikakerapdilakukankantungkemihakanmengalamimasalah, selainsulitberkontraksi, kantungkemih pun jadisulitmengosongkan urine. Bukanhanyaitu, saatpembuangansalurankemih pun akanterasangilu. AncamaninfeksikantungkemihakanlebihrentandialamiAnda yang kerapmenahanbuang air kecil.

Kebiasaanmemikultas di posisipundak yang sama

PerhatikankebiasaanAndasaatmembawatas.ApakahAndamenggunakansisipundak yang samaterusmenerus? KebiasaaninitentunyaakanmerugikanAnda, pasalnyamenggendongataumemikulbarangberat di satusisisecaraterusmenerusbisamenyebabkanmasalahpadaototdanmemicusakitpadalengan. Untukmenghindarinya, usahakanuntukmemindahposisinyasetiapbeberapamenit agar peredarandarahlebihlancar.

·Kurang tidur dan begadang
Tidur yang sehat itu 8 – 9 jam per hari, dan usahakan jam tidur anda teratur, misal antara jam 10 – 11 malam. Dan lakukan aktifitas tidur pada setiap malamnya pada jam yang sama. Terkadang dalam aktifitas dan pekerjaan anda yang sangat padat membuat anda menyepelekan hal ini, ingat.. sehat itu mahal.
·Hentikan Merokok Sekarang !!!
Populasi perokok di dunia tidaklah sedikit, bahkan di Indonesia, Perokok memiliki jumlah yang sangat banyak. Ironinya mereka sangat paham bahaya merokok. Berusahalah untuk berhenti dan mengurangi sedikit demi sedikit porsi rokok anda. Demi kesehatan anda, masa depan anda, dan keluarga anda.
·Marah dan Stress yang berlebih
Hati yang gembira adalah obat yang manjur. Mungkin kalimat tersebut dapat menjadi inspirasi untuk anda. Pola pikir, sikap mental, respon terhadap tekanan dan rintangan menentukan kesehatan anda. Marah dan stress adalah hal yang sangat membuang energi, sedangkan keadaan yang senang dapat menambah berbagai hormon yang membantu kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar